Resusitasi Jantung Paru (RJP)

No Comments

RJP harus menjadi pengetahuan umum dan bekal tiap orang. Tujuannya jika ada seseorang terkena serangan jantung mendadak, kita bisa menolong. 1 detik saja menentukan nyawa seseorang.

DOKTER – RJP sendiri adalah langkah pertolongan medis untuk mengembalikan pernapasan dan sirkulasi darah di dalam tubuh yang sempat terhenti. Resusitasi ini sendiri menjadi pengetahuan yang sangat penting, mengingat kondisi Indonesia dan manusia Zaman now ini yang memiliki pola hidup tidak sehat, jarang berolah raga, makan tidak teratur. Hampir semua orang memiliki potensi untuk terkena serangan jantung.

Resusitasi sendiri dilakukan untuk orang-orang yang kesulitan bernapas, dan henti jantung sementara. Tandanya bisa kita lihat tiba-tiba pingsan, dan tidak merespon jika dipanggil. RJP perlu dilakukan pada orang-orang yang tidak bernapas pasca mengalami kecelakaan, tenggelam, dan serangan jantung. Untuk melakukan RJP, pastikan anda pernah melalui pelajaran, pelatihan dan pengalaman yang memadai.

TAHAPAN MELAUKAN RESUSITASI JANTUNG PARU
  • KOMPRESI

Dilakukan jika sudah tidak ditemukan nadi dan detak jantung pada orang yang tidak sadarkan diri. Lakukan kompresi dada. Cukup meletakan salah satu telapak tangan di bagian tengah dada, lalu tangan lainnya diletakan di atasnya. Eratkan jari-jari kedua tangan dan lakukan penekanan oada dada sedalam 5 cm kemudian lepaskan. Ulangi penekanan di dada sebanyak 100-120 tekanan tiap menit hingga pertolongan medis datang dan korban menunjukan respon.

 

  • MEMBUKA JALUR NAPAS

Tindakan kedua adalah mendongakan kepala penderita, kemudian letakan kedua tangan di dahinya. Setelah itu, angkat dagu orang tersebut dengan lembut untuk membuka dan mengamankan saluran prnapasannya.

 

  • MEMBERI BANTUAN NAPAS/ NAPAS BUATAN

Memberi napas bantuan dari mulut ke mulut. Jepit hidung korban, lalu posisikan mulur kita di mulut korban. Tiupkan napas ke dalam mulut korban dan periksa  apakah dada korban sudah bergerak mengembang dan mengempis seperti orang bernapas pada umumnya. Dalam setiap 30 kali kompresi dada, selingkan 2 kali memberi bantuan napas. Teknik pernapasan dari mulut ke mulut lebih baik dilakukan oleh orang-orang yang telah mendapatkan pelatihan khusus.

Demikian merupakan beberapa tahapan dalam melakukan RJP. Bantulah sesama jika mendapati ada yang terkena musibah tersebut, berlatihlah.

Categories: kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *